Halloween Myspace Comments



Kamis, 28 Oktober 2010

PENERAPAN MANAJEMEN PADA DUNIA USAHA ATAU KERJA

I. PENDAHULUAN

Salah satu upaya strategis jangka panjang pada periode paska PD II adalah untuk menata kembali hubungan perekonomian dan perdagangan dunia. Pola operasional pada tingkat satuan usaha telah mengarah pada berkembangnya Internasionalisasi operasi dunia usaha yang akhirnya mengarah pada globalisasi baik dalam operasi maupun dalam pemasaran. Dengan demikian mengglobalnya dunia, maka batas-batas
Negara dunia telah berakhir. Hal ini di tandai dengan beberapa hal, yaitu Investasi, Industrialisasi, Informastion Techonology serta Individual Consumers. 


II. ISI

Segala upaya yang dilakukan dalam meraih tujuan suatu perusahaan harus dengan efektivitas penggunaan sumber daya yang efektiv dan efisien. dan seiring berkembangnya perusahaan maka akan meningkat pula kegiatan dalam perusahaan tersebut.perusahaan yang besar membutuhkan organisasi yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan, mengawasi, serta mengevaluasi kinerjanya agar dapat mencapai tujuan umum perusahaan tersebut. karena hal tersebut kegiatan manajemen akan semakin kompleks pula. kegiatannya antara lain adalah perencanaan dan pengendalian. perencanaan maksudnya untuk menetapkan arah yang dituju perusaan dancara untuk mencapai tujuan itu. penendalian adalah proses teratur yang membantu perusahaan dalam melaksanakan rencana untukmeraih tujuan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.
Kebutuhan peran strategi dalam perusahaan timbul karena adanya faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi usaha atau bisnis itu sendiri. Strategi dapat dibuat secara tertulis atau secara konstan, karena terkadang seseorang yang memang pada dasarnya sudah memilki jiwa kewirausahan, biasanya ia sudah memiliki dan mampu memperkirakan strategi apa yang akan dilakukan terhadap kemungkinan berbagai kondisi yang akan timbul pada saat pendirian maupun saat bisnis itu sudah berjalan. Berikut ini pengertiannya menurut beberapa sumber dan para ahli:
Oxpord Pocked Dictionary
Merupakan seni perang, khususnya perencanaan gerakan pasukan, kapal dan sebagainya menuju posisi yang layak, rencana tindakan atau kebajikan dalam bisnis atau politik dan sebainya.
Alfred Chandler (1962) Strategy and structure
Merupakan penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan itu.
Robert D Buzzell & Bradley T Gale (1987)
Strategi adalah kebijakan dan keputusan kunci yang digunakan oleh manajemen yang mempunyai dampak yang besar pada kinerja keuangan. Kebijakan dan keputusan ini biasanya melibatkan komitmen sumber daya yang penting dan tidak dapat diganti dengan mudah.
Kenneth Andrew (1971) The Concept of Corporate Strategy
Strategy adalah pola sasaran, maksud atau tujuan dan kebijakan serta rencana-rencana penting untuk mencapai tujuan itu, yang dinyatakan dengan cara seperti menetapkan bisnis yang di anut atau yang akan di anut oleh perusahaan, dan jenis atau akan menjadi apa perusahaan ini.
Kenichi Ohmae (1983) The mind of the Strategist
Sesungguhnya tentang apakah strategy bisnis itu….. adalah, dalam satu kata adalah keunggulan bersaing…. Satu-satunya maksud perencanaan strategy adalah untuk memungkinkan suatu perusahaan memperoleh, seefisient mungkin, kedudukan paling akhir yang dapat di pertahankan dalam menghadapi pesaing-pesaingnya. Jadi strategi perusahaan merupakan upaya mengubah kekuatan perusahaan yang sebanding dengan kekuatan pesaing-pesaingnya dengan cara yang paling eficient.


III. PERUMUSAN MASALAH


Agar suatu perusahaan dapat berkembang atau paling tidak mampu bertahan hidup (survice), maka harus mampu menghasilkan produk barang dan jasa yang mutunya lebih baik, harganya lebih murah, promosinya lebih efektif, penyerahan produksinya lebih cepat disertai dengan pelayanan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan para pesaingnya. Ini mengandung suatu pengertian bahwa suatu perusahaan yang akan memenangkan persaingan dalam pangsa pasar yang telah dimasukkan harus mampu mencapai tingkat mutu yang tidak terbatas pada mutu produk saja tetapi segala aspek mulai dari mutu bahan bakunya, mutu tenaga kerjanya yang bekerja efisien dan efektif, promosi dan periklanan, sehingga harga produk lebih murah dibanding pesaingnya, sehingga mampu memikat pembeli,meningkatkan jumlah pembeli, mutu distribusinya tersebut.

IV. PENUTUP

Banyak cara agar suatu perusahaan dapat meningkatkan usaha-usahanya. Salah satunya seperti yang dibahas dalam rumusan masalah. Kita bisa menjual harga-harga produk yang murah agar pelanggan tidak kabur. Intinya adalah supaya perusahaan-perusahaa tahu bagaimana cara meningkatkan usaha atau dunia kerja mereka.

V. DAFTAR PUSTAKA

http://rriyanto.blogspot.com/2007/11manajemen-diri-5th-way-to-be-rich.html

http://ronawajah.wordpress.com/2008/12/03/penerapan-ilmu-manajemen

sumber artikel www.copasmedia.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar